Trump dimakzulkan: Apa yang terjadi pada tiga presiden yang pernah hadapi langkah yang sama?

trump-dimakzulkan-apa-yang-terjadi-pada-tiga-presiden-yang-pernah-hadapi-langkah-yang-sama-18

Presiden Donald Trump menjadi presiden pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang dimakzulkan dua kali oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS – dan merupakan satu dari tiga presiden yang pernah dimakzulkan.

Inilah yang terjadi dengan presiden-presiden yang pernah dimakzulkan sebelumnya.

Andrew Johnson

Keterangan gambar,

Andrew Johnson adalah presiden AS pertama yang menghadapi pemakzulan.

Apa yang dia lakukan?

Tidak lama setelah berakhirnya Perang Saudara, Presiden Andrew Johnson – seorang Demokrat – terus-menerus berdebat dengan Kongres yang saat itu dikuasai Partai Republik tentang bagaimana membangun kembali AS yang kalah di Selatan.

Para “Republikan Radikal” pada periode ini mendorong undang-undang untuk menghukum mantan pemimpin Konfederasi dan melindungi hak-hak budak yang dibebaskan. Johnson menggunakan hak veto presidennya untuk memblokir upaya Republik di setiap kesempatan.

Pada bulan Maret, Kongres mengesahkan Undang-Undang Masa Jabatan, yang dibuat untuk membatasi kekuasaan presiden untuk memecat anggota kabinetnya tanpa persetujuan dari Senat.

Sebagai pembangkangan, Johnson menangguhkan seorang anggota kabinet dan saingan politiknya, Edwin Stanton, saat Kongres sedang reses.

Jika persidangan Kongres untuk Trump pada Rabu (13/01) waktu setempat itu tampak seperti dramatis, kejadian tersebut sesungguhnya sesuai dengan tradisi pemakzulan: Stanton menanggapi pemecatannya dengan mengunci diri di dalam kantornya dan menolak untuk keluar.

Pencopotan Stanton terbukti menjadi pukulan terakhir – Partai Republik segera membuat draf 11 pasal pemakzulan.

Keterangan gambar,

Sebuah ukiran kayu menunjukkan sidang Senat Andrew Johnson.

Setelah pemungutan suara, pasal-pasal pemakzulan dibawakan ke Senat, di mana dia kemudia dibebaskan dengan hitungan jumlah suara yang tipis. Hanya kurang satu suara dari total mayoritas duara pertiga yang dibutuhkan untuk memvonisnya.

Apa konsekuensinya?

Menurut beberapa laporan, Johnson menangis mendengar berita pembebasannya dan bersumpah untuk mengabdikan dirinya untuk memulihkan reputasinya.

Hal itu tidak berhasil.

Dia menjalani sisa masa jabatan kepresidenannya, tetapi bulan-bulan terakhirnya di kantor dilanda perebutan kekuasaan yang sama yang mengubah masa jabatannya sebelum pemakzulan.

Dan pada tahun 1869, Demokrat kehilangan kedudukan di Gedung Putih karena calon dari Partai Republik, Jenderal Ulysses S Grant, yang membiarkan rencana partainya untuk Rekonstruksi Radikal terus berlanjut.

Apa peninggalan dari masa jabatannya?

Dimakzulkan.

Dan membeli Alaska pada tahun 1867 seharga US$7,2 juta.

Johnson juga salah satu presiden termiskin. Dia tidak pernah sekolah.

Keterangan gambar,

Poster kampanye Partai Republik pada 1864.

Richard Nixon

Apa yang dia lakukan?

Kasus pemakzulan yang hampir terjadi pada Richard Nixon dapat ditelusuri kembali ke pembobolan markas besar partai Demokrat pada 1972 di kompleks perkantoran Watergate di Washington DC.

Ketika penyelidikan mengungkapkan bahwa pencuri telah dibayar dengan dana dari kampanye pemilihan ulang Nixon, skandal Watergate menyebar jauh melampaui pembobolan, yang melibatkan pejabat tinggi Gedung Putih.

Selama hampir dua tahun, Nixon berusaha menutupi perannya dalam konspirasi tersebut, yang akhirnya menyebabkan kehancurannya.

Upaya presiden Republik terbukti sia-sia. Pada Agustus 1974, ketika Komite Kehakiman DPR menyiapkan pasal pemakzulan, Nixon terpaksa merilis rekaman Ruang Oval di mana presiden terdengar memerintahkan stafnya agar CIA memberi tahu FBI untuk menghentikan penyelidikannya terhadap pembobolan Watergate.

Rekaman “pemantik” yang sekarang terkenal ini menandai kegagalan terakhir upaya Nixon untuk menutup-nutupi.

Pada 27 Juli, Komite Kehakiman DPR mengadakan pemungutan suara untuk meloloskan tiga pasal pemakzulan – yaitu menghalangi keadilan, penyalahgunaan kekuasaan dan penghinaan terhadap Kongres – dan mengirimnya ke DPR untuk pemungutan suara.

Tapi, pemungutan suara tidak pernah terjadi.

Pada 8 Agustus 1974, Nixon mengundurkan diri. Dia menjadi satu-satunya presiden AS dalam sejarah yang melakukannya.

Keterangan gambar,

Nixon mengucapkan selamat tinggal kepada stafnya setelah mengumumkan pengunduran dirinya.

“Saya tidak pernah menyerah,” katanya dalam pidato pengunduran dirinya. “Meninggalkan kantor sebelum masa jabatan saya selesai adalah hal yang paling menjijikkan bagi setiap naluri di tubuh saya. Tapi sebagai presiden, saya harus mengutamakan kepentingan Amerika.”

Apa konsekuensinya?

Wakil Presiden Gerald Ford dilantik sebagai presiden enam minggu kemudian dan memaafkan Nixon atas kejahatan yang pernah ia lakukan selama menjabat.

Dalam pemilu kurang dari dua tahun kemudian, Ford kalah dalam pemilihan presiden dari calon dari Demokrat, Jimmy Carter.

Apa peninggalan dari masa jabatannya?

Tidak ada kontes. Ini skandal Watergate. Meskipun dia tidak pernah mengakui melakukan kesalahan kriminal, tindakannya tetap menjadi kisah peringatan penyalahgunaan kekuasaan presiden.

Nixon meninggal pada bulan April 1994, 20 tahun setelah dia mengundurkan diri karena aib ini.

Berbicara di pemakamannya, Presiden Bill Clinton berfokus pada pekerjaan Nixon dalam urusan luar negeri.

“Mari kita katakan: semoga hari-hari menghakimi Presiden Nixon atas apa pun yang kurang di hidup dan kariernya akan segera berakhir,” kata Clinton.

Bill Clinton

Keterangan gambar,

Presiden Clinton berbicara kepada publik setelah dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan AS.

Apa yang dia lakukan?

Hanya beberapa tahun setelah Presiden Bill Clinton mengucapkan soal pengampunan atas kegagalan Nixon, Demokrat perwakilan Arkansas ini menghadapi krisis politiknya sendiri.

Dalam waktu satu tahun menjabat, Clinton mendapati dirinya sedang diselidiki oleh jaksa khusus Departemen Kehakiman.

Di bawah penasihat khusus Kenneth Starr, ruang lingkup penyelidikan urusan properti diperluas pada Januari 1998 hingga mencakup perselingkuhan presiden dengan mantan pegawai magang Gedung Putih, Monica Lewinsky.

Sebagai bagian dari gugatan terpisah terhadap presiden – pelecehan seksual terhadap Paula Jones – Clinton ditanyai tentang hubungannya dengan Lewinsky.

Di bawah sumpah pada 17 Januari, Clinton membantah memiliki hubungan dengan mantan ajudan Gedung Putih itu.

Keterangan gambar,

Monica Lewinsky setuju untuk berpartisipasi dalam penyelidikan penasihat khusus terhadap Bill Clinton.

Beberapa hari kemudian, Clinton menegaskan penyangkalannya.

“Saya ingin Anda mendengarkan saya,” kata Presiden Clinton kepada media saat tampil di Gedung Putih. “Saya tidak berhubungan seks dengan wanita itu, Monica Lewinsky. Saya tidak pernah menyuruh seorang pun untuk berbohong, tidak satu kali pun, tidak pernah.”

Pada 9 September 1998, Starr merilis laporannya ke Kongres. Publik, juga, segera bisa melihat laporan Starr setebal 445 halaman yang mencakup kesaksian dari Lewinsky, yang telah membuat kesepakatan kekebalan dengan penasihat independen sebagai imbalan atas kerjasamanya.

Laporan itu juga memasukkan 11 kemungkinan alasan untuk pemakzulan. Pada bulan Desember 1998, Dewan Perwakilan Rakyat memilih menurut garis partai untuk memakzulkan Clinton dengan dua dakwaan: sumpah palsu dan menghalangi Kongres.

Pada bulan Februari, Clinton dibebaskan oleh Senat yang dikendalikan Republik.

Apa konsekuensinya?

Selama tahun skandal Lewinsky-Clinton melanda negara itu, presiden menolak seruan untuk mundur.

Saat periode ini, pada akhir Januari 1998, Clinton mengklaim salah satu peringkat jajak pendapat tertinggi yang pernah ada. Dalam jajak pendapat untuk CNN, Gallup menemukan bahwa 67% orang Amerika mendukung presiden.

Pada akhirnya, politisi yang kehilangan pekerjaan selama krisis pemakzulan adalah Partai Republik.

Rencana Partai Republik untuk membawa skandal itu menuju kemenangan di paruh waktu 1998 menjadi bumerang: Demokrat mendapatkan keuntungan di DPR dan Senat.

Clinton meninggalkan jabatannya pada Januari 2001 dengan dukungan sebanyak 65% – tertinggi dari semua pendahulunya dalam setengah abad.

Namun partainya kehilangan Gedung Putih ketika George W Bush mengalahkan Al Gore setelah penghitungan ulang di Florida.

Apa peninggalan dari masa jabatannya?

Tergantung siapa yang Anda tanyakan, tetapi skandal Monica Lewinsky akan menjadi salah satu yang paling menonjol bagi kebanyakan orang.

Peringkat popularitasnya yang tinggi selama proses tersebut menunjukkan bahwa dia tidak dirugikan oleh pemakzulan seperti dua presiden sebelumnya yang menghadapinya.

Related posts