“Mereka harus membayar!”: Donald Trump sebut Harry dan Meghan harus bayar biaya pengamanan di AS

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan AS tidak akan membayar biaya pengamanan untuk Pangeran Harry dan Meghan, di tengah laporan bahwa mereka telah pindah ke AS dari Kanada.

Trump mengatakan dalam sebuah cuitan bahwa ia “teman baik dan pengagum sang Ratu dan Inggris Raya,” tapi menambahkan: “Mereka harus membayar!”

Pasangan keluarga Kerajaan Inggris itu mengatakan mereka tidak berencana meminta pengamanan yang dibiayai publik di AS.

Mereka dilaporkan pindah ke negara bagian California, kampung halaman Meghan, di tengah wabah virus corona yang semakin intens.

Mereka akan resmi mundur sebagai anggota senior kerajaan pada 31 Maret dan tidak akan lagi melakukan tugas-tugas atas nama Ratu, tapi pengaturan ini akan ditinjau ulang setelah setahun.

Dalam pernyataan yang dirilis melalui seorang juru bicara pada hari Minggu, Harry dan Meghan mengatakan: “Duke dan Duchess tidak berencana meminta pengamanan kepada pemerintah AS. Pengaturan keamanan yang dibiayai pribadi telah dibuat.”

Pasangan tersebut dan putra mereka, Archie, telah menghabiskan banyak waktu di pantai barat Kanada tahun ini, usai liburan Natal selama enam pekan di Pulau Vancouver.

Bulan lalu, pemerintah Kanada mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memberikan bantuan keamanan kepada keluarga Harry “sesuai dengan perubahan status mereka”.

Sekarang Trump tampaknya mengikuti langkah itu.

Keluarga itu pekan lalu pindah lagi ke daerah Los Angeles tempat Meghan dibesarkan dan tempat ibunya, Doria Ragland, sekarang tinggal, lansir media AS.

Pengumuman Presiden Trump muncul saat virus corona baru terus menyebar ke seluruh AS. Sampai Minggu (29/03) malam, terdapat 142.106 kasus yang dikonfirmasi di AS– jumlah yang lebih banyak daripada negara-negara lain – dan 2.479 orang meninggal dunia.

Di California, kasus virus corona terus meningkat. Pekan lalu Gubernur Gavin Newsom mengeluarkan perintah perlindungan di tempat –memerintahkan warga California untuk tetap di rumah kecuali untuk menyediakan atau mengakses layanan penting – salah satu arahan terberat di negeri itu.

Ayah Pangeran Harry, Pangeran Wales, dinyatakan positif mengidap virus corona awal pekan ini, kata Istana Buckingham, tetapi “kesehatannya tetap baik”.

Selanjutnya Pokerace99

Related posts